Posted: September 29, 2009 in Tugas2

WARTEG JUGA MANAJEMEN

Ayah saya mempunyai Warung Nasi (Warteg) yang di rilis oleh keluarga dari semasa Kakek dan Nenek saya masih Hidup. Wateg ini berada di daerah mangga besar, lalu saya bertanya-tanya apakah warteg ini menggunakan Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) juga apa tidak? Bagaimna cara perekrutan tenaga pekerja, interview dan penempatan posisi tenaga kerja, sistem pembayaran upah.

Ternyata setelah saya bertanya kepada Ayah saya, ada semua konsep yang berada di MSDM dilakukan di rumah makan sederhana ini. Saya akan membahasnya satu per satu. Pertama, dari perekrutan tenaga kerja, Ayah saya mencari tenaga kerjanya di Pedesaan baik wanita maupun pria. Bahkan ada juga yang melamar untuk menjadi tenaga kerja di Warteg ini, tapi melamarnya tidak menggunakan surat lamaran seperti di Perusahaan. Kedua, Sesi tes dan akan ditempatkan dimanakah Tenaga kerja tersebut. Sesi tes biasanya ayah saya hanya berbicara kepada tenaga kerja itu, ya seperti interview. Pertanyaannya ”Apa anda bisa masak?”, pertanyaan yang ringan sekali. Dari pertanyaan itu lah Ayah saya bisa memposisikan tempat dimana tenaga kerja itu akan ditempatkan. Saya lupa memberitahukan posisi yang ada di warteg tersebut. Biasanya di warteg terdapat tenaga kerja yang dibutuhkan, seperti :

1. Koordinator Warteg

2. Juru masak

3. Pelayan

4. Pembuat Minuman

5. Penerima pembayaran ( kasir )

6. Juru Cuci

1. Koordinator Warteg, orang ini lah yang harus ahli dalam masak, belanja kebutuhan warteg sampai kepelayanan. Bahkan Koordinator ini juga yang harus bisa memprediksikan kapan beras dalam satu karung bisa habis dalam berapa hari, stok sembako yang ada di warteg, dan sudah layak apa tidak makanan yang ada di Warteg tesebut.

2. Juru masak, juga tidak kalah pentingnya dari Koordinator warteg sebab dari Juru masak inilah bisa dilihat bagaimana laris dan tidaknya warteg tersebut, karena pasti konsumen akan melihat makanan yang enak dimakan bukan hanya mengenyankan perut saja.

3. Pelayan, adalah orang yang melayani setiap konsumen. Pelayan harus mengetahui porsi-porsi yang harus diberikan kepada konsumen di Wrteg ini. Pelayan juga harus bisa menjaga kebersihan tempat makanan.

4. Pembuat Minuman, tugas pembuat minuman hampir sama dengan pelayan sebab hanya membuatkan minuman, tapi tugas ini juga harus bisa memperkirakan manis tidaknya minuman dan kebersihan tempat minumnya.

5. Penerima Pembayaran ( Kasir ), Kasir merupakan orang yang harus bisa dan pintar dalam menghitung uang. Kasir juga harus mengetahui berapa harga-harga makanan yang disediakan di Warteg ini.

6. Juru Cuci, tugas ini juga sangat penting karena apabila tidak ada yang mencuci piring dan gelas maka akan kerepotan sekali mengurus semua yang ada di warteg ini.

Karena Warteg ini buka 24jam maka dilakukan sistem shift, dua kali pergantian pekerja. Biasanya shift 1 mulai jam 08.00 – 20.00 Wib dan shift 2 mulai dari jam 20.00 – 08.00 Wib. Pada hari libur saperti Libur Lebaran maka warteg ini buka tidak Full dan karyawannya pun melakukan pulang kampung. Tapi biasanya setiap habis Libur Lebaran banyak terjadi perubahan di dalam pos-pos karyawan, jadi ada karyawan yang berpindah tempat contohnya dari Pelayan ke Juru masak, ternyata terjadi mutasi juga di Warteg ini.

Ketiga, sistem pembayaran upah tenaga kerja. Biasanya pembayaran gaji dilakukan setiap sebulan sekali, pembayaran gaji ini juga berbeda-beda sesuai dengan dimana tenaga kerja ini bekerja. Seperti Koordinator Warteg biasanya memiliki upah Rp. 750.000/Bln, Juru masak Rp. 600.000/bln, Pelayan, kasir dan Juru Cuci Rp. 450.000/bln. Keempat, keselamatan tenaga kerja. Warteg ini juga selalu menjaga keselamatan karyawannya. Saya tidak menyangka ternyata warteg memiliki sistem yang diterapkan juga pada Manajemen, terutama pada Manajemen Sumber Daya Manusia. Walaupun pemliknya tidak sadar bahwa dia memang telah menggunakan sistem Manajemen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s